Minggu, 29 Januari 2012

Membuat Program "Hello World"

Setelah Sofware yang dibutuhkan terpasang dengan baik dalam komputer, sekarng akan memulai pembuatan program dari paling sederhana, yaitu : program "Hello World". Program ini adalah program yang pada umumnya dilakukan oleh para programmer dalam mempaelajari suatu bhasa pemograman baru. Mesikipun tidak baku, tapi biasanya programer ini menjadi indikator standara untuk memasitikan apakah software sudah tepasang dengan baik atgau belum dan merupakan langkah awal untuk meujukan ke tapah pembelajaran berikutnya.


langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membuat program "Hello world" di dalam java sebgai berikut :
  1. jalnkan text editor (dalam contoh ini, ane menggunakn progrman Noteped ++)
  2. tuliskan code berikut ini 
public class hallo_word
{
   public static void main (String [] args)
   {
       System.out.println("Hallo World");
       System.out.print("Saya Baru Belajara Java");
   }
}

Nah, mari kita simak lebih lengkap mengenia sysntax di atas. Kita mulai dari baris pertama, Setiap memulai java selalu dimulai dengan syntax public class. Nah, utuk tulisan berwarna merah, biasanya sering digunakan sebgai judul program.

Nah sekarang lihat syntax public static void main(String [] args). Tulisan yang dicetak table itu dapat tidak dituliskan didalam compiler, sedangkan sysntax didepannya merupakan syntax wajib.

Terakhir perhatikan baris kelima dan keenam. Disana terdapat dua syntax yang sekilas terlihat miri. tapi coba lihat syntzx println dan print. Nah println artinya kita akan membuat baris baru serelah kata "Hallo World" .

Nah ,cukup sekian untuk dasr java hari ini...
semoga bermanfaat...!

bfidjf

0 komentar:

Posting Komentar

 

©2009 Artikel IT